Apa sih kelebihannya disbanding model sejenis? Modelnya bagaimana? Lalu harganya berapa? Begitulah pertanyaan yang sering muncul di masyarakat ketika sebuah produk baru diluncurkan. Pun ketika PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda Vario, skuter otomatis pertamanya di Indonesia. Nah, tiga pertanyaan mendasar itu terjawab sudah ketika sosok Vario muncul di hadapan tak kurang dari 4.500 orang dari seluruh jaringan pemasaran Honda, vendor, relasi bisnis, dan media massa. Prosesi peluncuran Honda Vario berlangsung meriah, yang dihadiri antara lain Koji Nakazono, General Manager Overseas Operation Office, Asia &
Oceania; Honda Motor Co., Ltd., Miki Yamamoto; President Director AHM Tossin Himawan; Executive Vice President Director AHM Michael D. Ruslim; President Director PT Astra International Tbk.; dan sejumlah petinggi AHM lainnya. Miki Yamamoto, dalam kata sambutannya, mengatakan Honda Vario merupakan skuter otomatis yang akan memberikan kesenangan berkendaraan dalam berbagai suasana. "Dengan mesin 110 cc yang ringan dan
kompak dilengkapi radiator yang menyatu dengan mesin, Vario menghasilkan karakter tenaga yang lebih besar tapi tetap irit bahan bakar dibanding produk kompetitor." Dibanding produk competitor yang duluan dipasarkan, Honda Vario memang satu langkah lebih maju teknologinya. Dialah satusatunya skuter otomatis yang dilengkapi built-in Uquid-cooled engine (radiator terintegrasi dengan mesin). Mesin sebesar 110 cc, 4 langkah, bakal lebih adem ketika digeber terus-menerus atau dalam kondisi macet di jalan raya. Itulah fungsi pendingin cairan yang menyatu pada mesin (built-in liquid cooled system). Tenaga penggerak roda sistem transmisi V-Matic memberikan akselerasi yang halus dan" irit bahan bakar. Dalam risetnya, insinyur Honda memberikan rujukan, dalam kecepatan konstan, 50-55 kilometer perjam, Vario hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk jarak sejauh 56 kilometer. Sistem transmisi V Matic menjadi teknologi terbaru Honda yang pertama kali diterapkan pada skuter matik. Menghidupkan mesin pun mudah karena Vario dilengkapi Auto Choke. Sistim ini menjamin kestabilan mesin saat hidup tanpa harus melakukan penyesuaian choke. Vario-juga dilengkapi dengan Secondary Air Supply System (SASS) dan catalytic conventer di knalpot belakang. Hasilnya, emisi gas buang setara Euro 2 yang bakal diterapkan pemerintah tahun depan. Agar lebih sempurna, Honda menyarankan menggunakan bensin tanpa timbel untuk mendukung program ramah lingkungan. Untuk menjamin keselarriatan, Vario dilengkapi parking brake lock yang berada di tuas rem kiri. Fungsinya serupa dengan rem tangan di mobil, mudah digunakan dan lebih aman saat parkir di jalan menanjak. Selain itu, terdapat stand switch fitur untuk menonaktifkan mesin ketika standar samping lupa diangkat. Dengan begitu, ini dapat mencegah cedera yang muncul saat berkendaraan dan lupa mengangkat standar. Fitur keamanan
lainnya secure key shutter, sebuah sistem pengunaan menggunakan magnet. Sistem itu dapat mengurangi risiko pencurian kendaraan. Sekarang dari sisi desain. Kesan sporty dan bergaya langsung terasa begitu melihat tampilan Vario. Target pemasarannya, menurut Tossin Himawan, Executive Vice President Director AHM, pasar menengah
atas sebagai kendaraan leisure (rekreasi), di samping sebagai kendaraan transportasi sehari-hari. "Kami yakin Honda Vario akan lebih memperkukuh posisi Honda di pasar sepeda motor Indonesia karena memiliki banyak keunggulan
dibanding model sejenis yang sudah ada di pasar," katanya. Honda Vario memberi tekanan pada konsep "Keen and Sharp", dengan memberikan keseimbangan yang baik dalam bermanuver dan kenyamanan, walaupun dikendarai
berboncengan. Konsep "Just Size" yang dilengkapi tempat duduk tercanggih yang lega dan nyaman ditambah kursi ganda yang luas dan pijakan kaki penumpang yang dapat dilipat memberikan kenyamanan berkendaraan bagi pengendara dan yang dibonceng. Konsep utama Vario adalah kolaborasi antara kenyamanan dan kesenangan dalam berkendaraan. Tak berlebihan kiranya bila Honda menyemaikan tagline "Absolute Matic" untuk model terbarunya ini. Bodinya "Sharp" dengan desain futuristic dan aerodinamis. Tampilan desain head lamp yang membelah dua, "Dual Keen Eyes", dengan multireflektor mewujudkan kesan sporty pada Vario. Lampu depan ukuran 2 x 25 watt membuat cahaya lebih terang dan lebih luas menyebar. Begitu pula panel instrument di dalam spidometer yang mudah dibaca, yang menampilkan informasi lengkap: jarak tempuh, kecepatan, suhu mesin, indicator bensin, dan lampu sein. Honda Vario direncanakan dipasarkan ke seluruh Indonesia mulai awal September depan. Harga on the road Jakarta yang ditawarkan cukup memancing minat, Rp 12,5 juta (model spoke) dan Rp 13,5 juta (tipe pelek racing). Model yang bergaya dengan harga yang terjangkau menjadi kunci Honda untuk memperbesar pangsa pasar. Menurut Johanes Hermawan, Direktur Marketing AHM, dengan segenap keunggulan yang dimiliki Honda Vario dan merek Honda yang sangat kuat, Vario akan diminati calon konsumen. "Desain Vario juga lebih bagus, apalagi di Indonesia konsumen sangat dipengaruhi desain," katanya. Di tengah turunnya daya beli masyarakat tahun ini, kehadiran Vario menjadi angin segar bagi AHM untuk semakin memantapkan posisinya di Indonesia, yang kini menguasai 50,4 persen pangsa pasar sepeda motor (Januari-Juni 2006). Tidaklah berlebihan kiranya jika Tossin Himawan optimistis penjualan sepeda motor Honda pada semester ke dua 2006 akan lebih baik dibanding semester pertama tahun ini. • INFORIAL
sumber :http://rafflesia.wwf.or.id/library/admin/attachment/clips/2006-08-15-006-0A15-001-05-0926.pdf
Kamis, 15 April 2010
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar